MENULIS di Blog, Apakah Masih Woth It?


Setelah sukses dengan peluncuran Antologi berjudul Me, Myself, and Books, Forum Buku Berjalan (FBB) kembali menghadirkan kelas buku pada Minggu, 23 Juni 2023 melalui Zoom Meeting. Menulis Blog menjadi pilihan menarik dalam kelas buku bertema "Belajar Menulis dan Mencari Cuan Lewat Blog".  Kelas ini diharapkan bisa memberi gambaran tentang peluang menulis di Blog sehingga generasi muda tertarik untuk mulai menulis. Bersama kak Ghina Rahmatika, seorang Blogger yang bisa disapa melalui akun @neenarahma, peserta sangat antusias menyimak dan berdiskusi. Di akhir acara, peserta turut serta praktik menulis dengan ketentuan yang telah kak Ghina sampaikan.

Lalu, apa sih Blog itu? 

Mungkin readers masih bertanya-tanya tentang istilah ini. Blog adalah proses membuat konten berupa tulisan, kumpulan foto, dan bentuk lainnya yang akan dipublikasikan dalam Blog. Bagi kak Ghina, Blog itu ibarat rumah. Kita bisa menuangkan isi kepala, memberikan nilai, menunjukkan diri kita, dan tidak akan hilang selama Blog masih ada.

Di era banyaknya media sosial yang sedang viral, Blog harus bersaing dengan Platform lain seperti Instagram, TikTok, YouTube, dengan keunggulan visualnya. Apalagi, banyaknya AI pembuatan konten yang mulai bermunculan.  Jadi, menulis di Blog masih worth it gak ya? 

Tenang saja, Readers! Buat kamu yang masih ragu, menulis Blog masih memiliki banyak keuntungan loh! Apa saja sih? Yuk kita bahas bersama! 

Melatih Kreativitas dalam Menulis

Keunggulan pertama menulis di Blog adalah memiliki wadah untuk menuangkan kreativitas dan ide-ide yang terpikirkan. Kita bisa mengamati hal-hal sederhana sebagai modal menulis, misalnya kesan saat membaca sebuah buku.

 Portofolio Berjalan Pekerja Seni

Tulisan yang tertera di Blog bisa menjadi branding diri juga loh! Kita tidak perlu bersusah payah menjelaskan siapa kita, namun orang lain bisa mengenali kita melalui tulisan-tulisan tersebut. Branding sangat diperlukan untuk pekerjaan yang mengutamakan kreativitas, misalnya content creator, writer, copywriting, seo blogger, desain grafis, dan lain-lain.

Blog Menawarkan Berbagai Pilihan Menarik

Blog termasuk platform yang banyak diminati karena memiliki banyak pilihan. Calon penulis bisa memilih Blog yang mereka minati sesuai kebutuhan. Beberapa Blog yang bisa dipilih adalah Medium, Tumblr, Wordpress, Blogspot. Fakta unik lainnya, kita juga bisa belajar bahasa Asing melalui Blog, misalnya menulis konten berbahasa Inggris, melalui Blog. Platform yang cocok adalah Medium karena terkoneksi dengan situs luar. Masih inget sebucin apa suami kak Maudy Ayunda melalui Medium, kan? Kamu juga bisa loh menulis di sana!

Mengalirkan Amal Jariyah dengan Berdakwah

Menulis di Blog bisa menjadi sarana sederhana untuk menyebarkan hal baik kepada orang lain. Dalam islam, menyampaikan ilmu yang bermanfaat termasuk amal jariyah yang tetap mengalir meskipun kita sudah tiada. Sederhana, tapi sangat bermanfaat bukan?

Mencari Cuan Lewat Tulisan

Ternyata, Blog juga menawarkan keunggulan menarik bagi penggunanya. Mereka bisa mendapatkan cuan melalui Tulisan. Loh, kok bisa sih?

Ada beberapa pilihan untuk menghasilkan uang melalui platform ini, yaitu kerjasama, Affiliate Link, Layanan Web (sosiago, seedbackline, rajabacklink, dll), mengisi form, content placement, Syarat DA ( domain authority) atau PA (page authority), dan sponsor ataupun media partner. Meskipun begitu, kita perlu bijak memilih dan membatasi tawaran agar pembaca tetap nyaman saat berkunjung.

Wah ternyata nge-Blog itu menarik ya? Aku harus apa, Kak? Next, aku bakal bahas tentang langkah-langkah yang bisa Readers lakukan dalam memulai Blog ya! Jadi, jangan sampai ketinggalan infonya!

Nah, itu tadi tulisan untuk hari ini. Sekian dan terima kasih. Jangan lupa untuk mengunjungi tulisanku yang lain dalam akun yang sama ya! Dijamin gak akan bosan untuk berbagi pengetahuan, kok! Apalagi buat readers yang tertarik berkutat dalam bidang kepenulisan. Akhir kata, teruslah membaca dan perluas imajinasimu! Happy reading, guys!


Catatan: Tulisan ini berasal dari dokumentasi webinar yang saya tulis di Blog Buku Berjalan

Komentar

Postingan Populer