Review Longing For You: Bukti Kasih Ibu Sepanjang Masa

Beberapa waktu lalu, saya berhasil menamatkan drama Korea berjudul Longing For You. Drama yang berlatar kelam ini sempat membuat niat menonton saya naik turun hingga memutuskan menuntaskannya. Sebelum membahas tuntas drama ini, berikut sinopsis dari drama korea Longing For You.




Sinopsis

Longing for You berkisah tentang detektif bernama Oh Jin San (Na In Woo) yang dikenal ramah. Sifatnya yang positif tersebut membuat ia disukai banyak orang di lingkungannya dan ia juga suka membantu orang lain. Selain itu, Oh Jin San juga sangat berdedikasi pada pekerjaannya sebagai seorang detektif.

Lalu, suatu hari terjadi pembunuhan di Kota Woojin. Padahal kota tersebut terkenal sebagai kota yang ramah tanpa kejahatan. Singkat cerita, ternyata adik laki-laki detektif Oh Jin San yang diduga menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan tersebut. Oh Jin San pun turun tangan untuk menangani kasus tersebut.


Setelah melewati proses investigasi, terungkap bahwa adiknya, Jin Woo (Ren), tidak terlibat dengan kasus pembunuhan tersebut. Ia akhirnya dibebaskan dari tuduhan dan pelaku asli pun ditangkap.

Kinerja Oh Jin San semakin diakui oleh teman kerjanya dan ia dipindahkan ke kantor polisi cabang Gangnam. Namun, kebahagiaannya hanya sementara karena adiknya diserang secara tiba-tiba hingga akhirnya meninggal dunia.


Oh Jin San terpukul dan berusaha mencari pembunuhnya. Kesedihannya semakin berlarut ketika ia menemukan banyak hal aneh. Fakta-fakta baru mulai bermunculan selama proses keadilan kematian adiknya tersebut.


-- 

Kesan pertama dari drama ini adalah gelap. Diawali dengan interogasi seorang tersangka pembunuhan, pikiran penonton sudah diarahkan pada kasus berat yang tampak tak berujung. Drama ini berfokus pada kasus pembunuhan berantai yang terkait dengan rahasia besar keluarga konglomerat.

Buat kamu pecinta romance, drama satu ini tidak menghadirkan banyak romansa di dalamnya. Namun, saya merasa cukup dengan porsinya karena genrenya bukan tentang percintaan. Penonton dibuat penasaran dan dijamin betah menonton alurnya hingga selesai. Alur yang dipenuhi hal-hal tidak terduga dikemas sangat menarik. Chemistry tiap pemain juga sangat menyentuh, termasuk hubungan orang tua-anak yang digambarkan dalam drama. Meskipun begitu, sebagai tim couple YoungJoo-Young Woon, saya berharap hubungan antara Go Young Joo dan Cha Young Woon semakin membaik.

Drama dengan genre thriller-misteri ini sangat direkomendasikan buat kamu penikmat genre misteri. Dengan 14 episode, penontoh sukses diajak mencurigai berbagai karakter hingga berbagai plottwist terkuak menjelang akhir.

Drama ini mengkritik tentang buruknya perlakuan orang-orang berkuasa. Tak hanya politik, namun juga ranah lain. Profesi yang mulia, dokter pun, tak selalu luput dari konspirasi dan kejahatan. Penguasa kejam yang hanya memikirkan keuntungan mereka sendiri. Orang-orang yang menganggap diri mereka berharga, namun tidak dengan hidup orang lain.

Ada beberapa hal yang saya sadari setelah menonton drama ini, pertama adalah jangan bosan berbuat baik. Sebelumnya, saya merasa bahwa menjadi sosok yang terlalu baik tidak banyak menguntungkan, kita hanya akan dimanfaatkan. Namun, sosok Jin Woo mengingatkan saya untuk tetap berbuat baik-meskipun orang lain tidak merespon serupa.
dokumentasi: Ren as Oh Jin Woo

Bagi saya, sosok Jin Woo sangat menginspirasi. Meskipun masih sangat muda, sikapnya luar biasa. Dengan kehidupannya yang sederhana dan buruknya perlakuan orang-orang di sekitarnya, dia tak bosan berbuat baik. Benar-benar menginspirasi!

Di balik kisah gelap yang ditawarkan, berbagai nilai kehidupan bisa dipetik dari drama terbaru Na In Woo ini.

“Hati seseorang adalah makhluk hidup. Kamu tidak pernah tahu bagaimana itu akan berubah.” - Oh Jin San

“Kamu sangat polos. Hanya butuh sedetik bagi hati seseorang untuk berubah. Seharusnya kamu tahu itu.” - Pi Jang Mi

Kedua kutipan tersebut menyadarkan kita untuk tidak bergantung pada orang lain. Ungkapan 'tak ada yang bisa diandalkan sebaik diri sendiri' tampaknya sesuai dengan quotes tersebut. Kita tak akan tahu isi hati orang lain. Hal ini juga menjadi pengingat untuk tidak menghakimi orang lain hanya melalui luarnya.



“Punya banyak teman atau bertemu banyak orang bukan berarti mereka bahagia.” - Go Young Joo

Sebagai mahluk sosial, kita perlu bertemu banyak orang. Kita juga perlu menjalin relasi yang baik dengan mereka. Namun, memiliki banyak teman tak selalu membawa kebahagiaan. Kita tak bisa menilai kebahagiaan seseorang hanya melalui relasinya dengan orang lain. Kita akan menyadari bahwa everyone come and go, mereka akan datang dan pergi. Hal ini membuat kita tidak boleh menggantung kebahagiaan kepada orang lain.

“Kamu tidak berhak mendikte pikiranku. Aku yang memutuskan mau melakukan apa.” - Go Young Joo

Go Young Joo mengajarkan kita untuk memiliki prinsip dalam hidup. Dengan prinsip tersebut, kita tidak akan terombang-ambing dan lebih percaya diri. Apalagi sebagai seorang perempuan yang sering terjajah oleh budaya patriarki yang kejam. Mereka memiliki hak yang sama, yaitu memutuskan sesuatu demi kebaikan sendiri, selama tidak merugikan orang lain.

“Di masa berbahaya ini, saat kamu sering merasa bingung, kamu baik-baik saja selama masih bernapas dan hidup.” - Oh Jin San

Ah, lagi lagi quotes tentang kehidupan. Kali ini, Jin San mengajak kita untuk selalu bersyukur dengan kehidupan kita. Hidup memang tidak mudah, namun semua akan baik-baik saja selama kita masih bernapas dan hidup. Tak ada yang perlu disesali maupun diakhiri. Semua telah diatur dan akan datang pada waktunya.

“Kamu bisa menyukai seseorang seumur hidupmu, tapi membenci seseorang seumur hidupmu adalah siksaan.” - Pi Jang Mi

Kutipan tersebut mengajarkan arti iklas dan memaafkan. Meskipun tidak mudah, memaafkan orang lain akan membuat hidup lebih tenang.



Satu hal lagi yang ingin disampaikan drama ini, yaitu meskipun kejahatan dilakukan untuk niat baik, itu tetaplah kejahatan. Sebaik apapun niatnya, tak ada kejahatan yang pantas dikecualikan dalam hukum. Semuanya memiliki konsekuensi dan keadilan harus ditegakkan tanpa pilih-pilih.

Demikian pendapatku tentang drama korea bergenre thiller-misteri yang sangat menarik ini. Bagi saya, drama ini sangat memuaskan, mulai dari alur yang rapi, akting pemain yang menakjubkan, latar tempat yang memanjakan mata, soundtrack yang mendukung, dan berbagai kutipan menarik yang menginspirasi. Dengan alasan-alasan tersebut, saya ingin memberikan nilai 90/100 untuk drama satu ini. Jangan lupa, kamu bisa menontonnya secara legal di VIU Official ya!

Terima kasih sudah membaca. Happy watching!















Komentar

Postingan Populer