Stealer: The Treasure Keeper, Drama Menarik Penyelamatan Aset Budaya Nasional

Stealer: The Treasure Keeper berkisah tentang penyelamatan barang antik bernilai tinggi yang harusnya dipamerkan melalui museum. Awalnya aku tidak memiliki ketertarikan khusus, namun saat mulai menyelami episode pertama, ketertarikan itu kian meningkat. Untuk menghemat waktu, yuk kita simak fakta-fakta menarik dari drama ini!



Sinonsis Stealer: The Treasure Keeper


Stealer: The Treasure Keeper atau yang juga dikenal dengan Karma: Seven Joseon Notices merupakan drama Korea dengan genre action komedi tayang di bulan April 2023. Drama ini berkisah tentang pencurian berskala tinggi oleh penguasa di Korea.

Hwang Dae Myung merupakan pegawai pemerintahan di sebuah instansi budaya milik pemerintah. Dia dicurigai memiliki keterkaitan dengan pencurian oleh Skunk. Untuk membersihkan namanya, Dae-myung bergabung dengan tim pemulihan aset budaya tidak resmi bernama Karma.

Tim tersebut berusaha untuk  menangkap penjahat yang terlibat dengan Skunk dan mengadili setiap pencuri yang tidak dapat diatasi oleh hukum.

Di depan mereka, terdapat misi berskala panjang dan seakan tak akan pernah selesai sepanjang waktu. Sejumlah besar warisan budaya senilai 30 triliun won dan benda pusaka spiritual yang memberikan kehidupan abadi, menjadi benda yang harus mereka lindungi.

Fakta menarik Stealer: The Treasure Keeper

Berkisah tentang Aset Warisan Budaya

Ketertarikan saya diawali dengan topik yang diangkat, yaitu penyelamatan aset warisan budaya yang masih jarang menjadi topik utama drama. Apalagi peran pemeran utama yang digambarkan sebagai penjahat menambah keseruan cerita. Saking menikmati cerita yang ditawarkan, saya sempat terkejut melihat rating drama yang sempat anjlok di internet.

Percampuran Action, Kriminal, teknologi, dan Komedi


Drama ini menjadi semakin menarik karena dibumbui dengan berbagai genre, mulai dari aksi pemerannya yang patut diacungi jempol, teknologi canggih yang bikin terkesima, hingga tingkah polah pemeran yang menggelitik perut. Perpaduan genre ini menjadikan penonton mudah tersihir dan tanpa terasa menyelesaikan seluruh episode.

Dibintangi oleh Aktor yang Berkualitas


Setelah sukses dengan good doctor (2013) dan Alice (2020) lalu, Jo Won kembali hadir menjadi pemeran utama dalam drama Stealer: The Treasure Keeper. Dia beradu akting dengan Lee Joo Woo-yang turut membintangi Why Her-dan beberapa aktor senior seperti Jo Han Chul, Choi Jung Woo, dan Lee Deok Hwa. Deretan aktor-aktor ini menambah keseruan dari drama action yang kocak ini

Teknologi Canggih yang Mumpuni


Fakta menarik selanjutnya adalah pemanfaatan teknologi yang bikin tercengang. Dalam proses pencuriannya, Skunk memanfaatkan baju yang didesain khusus oleh peretas jenius bernama Lee Chun Ja. Dia merupakan perempuan kaya raya yang memiliki keteranpilan meretas dan bermain saham. Kejeniusannya juga menghasilkan berbagai alat dan teknologi canggih yang mereka gunakan dalam proses pencurian aset tersebut. Nah, menarik bukan?




Pentingnya Pelestarian Warisan Budaya


Ada satu kutipan menarik yang terdapat dalam drama, yaitu “Tidak ada masa depan bagi bangsa yang melupakan sejarah mereka”. Sebagai mahasiswa yang berkutat di bidang itu, saya tersentil betapa pentingnya pelestarian budaya ini. Warisan budaya yang kita miliki, mulai dari naskah kuno, bahasa, kesenian, lukisan, memiliki nilai yang tinggi. Namun, tidak semua orang berpikir serupa.

Di Indonesia, para Filolog yang bertugas menganalisis naskah kuno pun masih jarang ditemukan. Padahal, sebagai negara yang kaya budaya, kita memiliki banyak naskah menarik yang belum terjamah. Dengan naskah-naskah tersebut, ada ilmu baru yang bisa direalisasikan hingga saat ini.

Salah satu naskah kuno yang menarik untuk dibahas adalah kitab Tajus-Salatin yang sempat menjadi bahan obrolan kuliah saya. Kitab ini membahas tata hukum pemerintahan islam di masa lalu. Kitab ini digunakan sebagai panduan raja-raja Aceh dalam memerintah di masa lalu.  

Menyelipkan Berbagai Quotes Menarik tentang Hidup


Tak lengkap rasanya jika kita tak membahas tentang quotes menarik dalam drama ini. Yuk kita intip beberapa Quotes menarik dari Stealer: The Treasure Keeper!


“Lepaskan mereka sekarang bersama kenangan buruk yang mereka tinggalkan.” – Lee Chun Ja

“Dunia bukanlah tempat yang mudah. Aku harus menunggu dan melihat apa keputusanku tepat.” – Dokter Ok


“Memberi harapan sekaligus membiarkan kita menikmati keputusasaan. Semua perangkap akan seperti itu.” – Skunk

 “Tidak ada jalan untuk kembali. Kita harus terus berjalan.” – Skunk


“Kita saling melindungi dan saling menyemangati. Kita tertawa dan menangis bersama. Itulah keluarga.” – Choi Min Woo


“Sejarah dimulai dengan mempercayai apa yang tidak bisa kamu lihat.” – Skunk

Nah itulah ulasan tipis mengenai drama terbaru Jo Woon berjudul Stealer: The Treasure Keeper. Menurutku, drama ini menarik karena membahas tentang aset budaya nasional yang masih jarang diekpos dalam drama. Dengan akting jempol pemeran serta kecanggihan teknologi di dalamnya, drama ini cocok dicoba saat waktu luang. Jangan lupa untuk menyaksikannya secara legal nelalui VIU Official ya! Happy Weekend! 

Komentar

Postingan Populer